UMB:
UNGGUL, MUTU, DAN BERMANFAAT
Unggul
Menjadi unggul berarti
menjadi yang utama, kompeten atau istimewa. Unggul dilakukan dengan cara
meningkatkan adaptasi terhadap dinamika masyarakat, mampu merespon kebutuhan
masyarakat dan berusaha menyelaraskan antara tantangan perubahan dengan potensi
yang dimiliki sehingga berdaya secara optimal. Menurut Paul Suparno dalam
tulisannya Kompetensi Umum Lulusan Perguruan Tinggi di Masyarakat Global yang
ditebitkan dalam buku berjudul Pendidikan Berbasis Kompetensi dikatakan bahwa
kompetensi umum lulusan Perguruan Tinggi adalah :
1. Kompetensi
berbahasa asing
2. Kompetensi
dalam menggunakan teknologi informasi
3. Kompetensi
yang berkaitan dengan sikap kerja, disiplin, kejujuran, ketelitian, tanggung
jawab, kematangan emosi.
4. Kompetensi
untuk bekerja sama dengan orang lain
5. Kompetensi
mengekspresikan diri. ( Suparno, 2002; 70 ? 71)
Hal ini nampaknya sejalan dengan ide UMB bahwa UMB
akan menjadikan civitas akademika dan lulusannya unggul dalam hal kemampuannya
membangun jaringan kerja secara mandiri, kemampuan dalam membangun kerjasama
yang saling menguntungkan, mampu menguasai teknologi informasi, mampu
berkomunikasi secara internasional, menjadi pribadi etis dan yang paling unik yang
dimiliki oleh UMB adalah menghasilkan profesional yang berjiwa wirausaha.
Untuk mewujudkan hal tersebut, langkah ? langkah
strategis akan, sedang dan telah dilaksanakan. Langkah strategis yang telah dan
masih akan berlangsung adalah membangun program studi unggulan yang diarahkan
kepada bidang ilmu yang prospektif dan memiliki kekhususan. Pada tahun
2004/2005 ini, dari hasil kajian dan evaluasi kurikulum yang difasilitasi oleh
Unit Pengembangan dan Kerjasama, telah dirintis program studi baru, yaitu ; Visual
Communication dan Information Sistem. Kedua program studi ini merupakan program
studi yang diunggulkan, karena merupakan bidang ilmu yang prospektif dan
memiliki kekhususan.
Program studi Visual Communication ini merupakan
Program studi baru dibawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi. Program studi ini
memberikan wawasan, pengetahuan teoritis, konseptual dan keterampilan reka
bentuk ( Visualisasi ), ilustrasi dan teknik visual. Lulusan ini dibekali
dengan kemampuan penciptaan gagasan, mengembangkan konsep kreatif ke dalam
bentuk visual serta eksekusinya melalui kuliah tatap muka 40 % dan praktek
& laboratorium 60 %.
Sedangkan program studi Information Sistem ini
nantinya menghasilkan lulusan yang berpandangan luas tentang system informasi
dan teknologi, mampu mengembangkan dan mengimplementasikan system informasi
berbasis teknologi informasi, meliputi aplikasi dan komunikasi data di berbagai
organisasi usaha/instansi. Mahasiswa juga dibekali kemampuan analisis,
pemecahan masalah maupun perancangan system informasi berbasis teknologi
informasi yang sesuai dengan karakteristik organisasi/usaha. Selain itu
kemampuan manajerial dan dasar-dasar ilmu pengetahuan yang kuat juga diberikan,
agar lulusan ini siap kerja di berbagai organisasi usaha/instansi maupun
melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi (Strata 2, Strata 3 atau spesialis ).
Bermutu
Pada setiap kegiatan Perguruan Tinggi, untuk
menghasilkan produk bermutu maka sistem dan prosesnya harus mendapat perhatian
utama. Kualitas sebuah perguruan tinggi berarti adalah kualitas keseluruhan
dalam perguruan tinggi tersebut, yang mencakup manajemen dan sumber daya
manusia, tujuan organisasi, kurikulum dan proses belajar mengajar, pelayanan,
operasional, dan sebagainya.
Hal ? hal tersebut di atas dikelola dengan
berlandaskan atribut relevansi; efisiensi; efektifitas; akuntabilitas;
kreatifitas; situasi menang ? menang; performa yang terukur; empati;
responsiveness; produktifitas; kemampuan akademik tinggi (Tampubolon, 2001; 122
? 126. Langkah nyata yang sedang dirintis oleh UMB adalah mengembangkan
kurikulum berbasis kompetensi, merencanakan untuk meng ISO kan proses
administrasi pendidikan dan menambah satu fakultas baru.
Berbicara mengenai kurikulum berbasis kompetensi
sebetulnya alasan untuk mengikuti ke arah trend ini sudah dibahas di muka.
Digambarkan bahwa ketidakmampuan dalam mengantisipasi ke empat proses
perkembangan sosial ekonomi dapat menyebabkan kualitas lulusan perguruan tinggi
akan tertinggal. Oleh karena itu di Indonesia dan juga di belahan dunia lainnya
empat pilar pendidikan yaitu learn to know, learn to do, learn to be dan learn
to live together dikembangkan. Ke-empat pilar pendidikan tersebutlah yang
menjadi dasar konsep Pendidikan Berbasis Kompetensi (PBK). Adapun prinsip dasar
terpenting dari PBK adalah menekankan pada hasil; outcomes merupakan kompetensi
yang dapat diukur; evaluasi keberhasilan merupakan pengukuran penguasaan
kompetensi yang telah dicapai oleh mahasiswa; relevansi lebih besar pada dunia
nyata serta menekankan kepada kemampuan berfikir lebih tinggi (Soewono, 2002;
50 ? 53).
Bermanfaat
Seiring dengan berubahnya paradigma perguruan
tinggi, harapan UMB menjadi Universitas yang bermanfaat bagi banyak orang
merupakan sebuah keharusan. Jika dahulu pandangan bahwa pendidikan adalah
proses linier sekarang berubah menjadi sirkuler. Proses linier beranggapan
bahwa output diterima kemudian diproses (dididik) dan hasilnya adalah keluaran
(lulusan), proses stop sampai di sini apa yang terjadi di masyarakat bukan lagi
menjadi urusan perguruan tinggi tersebut.
UMB sangat menyadari bahwa pendidikan adalah proses
sirkuler yang berarti perencanaan mutu produk dibuat berdasarkan kebutuhan
pelanggan, rencana tersebut dilakukan dan dikendalikan dengan baik sehingga
jasa bermutu dapat tercapai. Mahasiswa sebagai pelanggan primer puas. Lulusan
diberikan informasi tentang dunia kerja dan akhirnya diterima/ bekerja di dunia
kerja. Dunia kerja dan pelanggan tersier memberikan info kepada perguruan
tinggi tentang perkembangan kebutuhan serta kritik tentang produk lulusannya.
Sebaliknya dalam proses itu Perguruan Tinggi juga meminta dan memantau
informasi dari dunia kerja. Berdasarkan semua data tersebut sebuah Perguruan
Tinggi menyusun lagi rencana mutu produknya, membuat peningkatan mutu dan melaksanakannya.
Sosialisasi sederhana mengenai UMB: Unggul,
ber-Mutu, Bermanfaat kiranya dapat dipahami dan bersama ? sama kita bahu
membahu mewujudkannya. Semoga UMB masa depan adalah UMB yang membanggakan,
sehingga jika ada yang berkata kepada kita ?.. ? ih UMB deh kamu.. ? itu
berarti Unggul, ber-Mutu dan Bermanfaat bukannya Uh Malu ? maluin Bener deh
kamu. Semoga ? !!
2.
Budaya
UMB
Budaya
kerja disiplin, jujur dan tanggung jawab
Mengembangkan
budaya kerja yang kreatif
Mengembangkan
budaya kerja yang ramah lingkungan
Mengembangkan
budaya kerja yang sadar nilai lokal
3.
Visi
Misi Universitas Mercu Buana
Visi
Universitas Mercu Buana
Menjadi Universitas
Unggul dan terkemuka untuk menghasilkan tenaga professional yang memenuhi
kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan global.
Misi
Universitas Mercu Buana
Menyelenggarakan
pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan menciptakan serta
menerapkan keunggulan akademik untuk menghasilkan tenaga professional dan
lulusan yang memenuhi standar kualitas kerja yang disyaratkan.
Menerapkan manajemen
pendidikan tinggi yang efektif dan efisien dan mengembangkan jaringan kerjasama
dengan industri dan kemitraan yang berkelanjutan sebagai respon atas perubahan
arus dan daya saing global.
Mengembangkan kompetensi
dan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan etika professional kepada para
mahasiswa dan staf yang memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan
kualitas hidup.
4.
Visi
Misi Fakultas Fasilkom Universitas Mercu Buana
Visi
Fakultas Fasilkom
Menjadi Fakultas
Ilmu Komputer yang
unggul dalam menghasilkan tenaga
profesional yang mandiri di era
informasi dunia global yang memiliki kompetensi di bidang jaringan multiakses, solusi korporasi dan
industri kreatif.
Misi
Fakultas Fasilkom
Menghasilkan lulusan
yang profesional, mandiri dan mampu
bersaing di era
informasi dunia global.
Melaksanakan pengembangan iptek dalam
bidang keilmuan komputer
dengan fokus pada jaringan multiakses
dan industri kreatif. Menjalin kemitraan dengan berbagai institusi untuk peningkatan mutu pelaksanaan
Tridharma Perguruan Tinggi.
5.
Visi
Misi Jurusan Sistem Informasi
Visi
Jurusan Sistem Informasi
Menjadi Program Studi
Sistem Informasi unggulan secara nasional maupun internasional, yang mampu
mewujudkan sarjana sistem informasi yang
profesional, berilmu, beriman dan bertaqwa untuk mewujudkan masyarakat madani.
Misi
Jurusan Sistem Informasi
Menyelenggarakan
pendidikan PSSI yang unggul di bidang sistem informasi geografis, sistem
informasi bisnis syari’ah dan sistem informasi korporasi
Menghasilkan lulusan
profesional dalam bidang sistem informasi yang memiliki keunggulan kompetitif
dalam persaingan global.
Memberikan landasan
moral bagi pengembangan sistem informasi dan melakukan pencerahan dalam pembinaan
iman dan taqwa.
Menyelenggarakan
penelitian dan pengembangan di bidang sistem informasi.
Memberikan kontribusi
yang signifikan melalui aplikasi sistem informasi untuk meningkatkan kualitas
hidup masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar