Pemanfaatan Teknologi Komputer
Di Masyarakat
*Pemanfaatan
Komputer di Masyarakat
Komputer
adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima
input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah
dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Manfaat
Komputer
Komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah
berbagai jenis data, seperti
:
- Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
- Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
- Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
- Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
- Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
- Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
- Penggunaan komputer dalam bidang industri.
Pemanfaatan Komputer dalam Beberapa Bidang
q Bidang
Pendidikan
q Bidang Industri
q Bidang
Ilmu dan Teknologi
q Bidang
Pemerintahan
q Bidang
Kedokteran
Bidang
Pendidikan
Paket aplikasi dalam
dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam proses belajar
mengajar.
Adapun
contoh pemanfaatan komputer dalam dunia pendidikan adalah :
- Untuk membuat database, data siswa dan pegawai
- Untuk administrasi surat menyurat
- Untuk aplikasi perpustakaan elektronik
- Untuk menyusun administrasi perlengkapan pengajar seperti :SILABUS, dan RPP
- Sebagai media pembelajaran, guna menyampaikan materi pembelajaran, yaitu dengan membuat slide- slide menarik tentang materi pembelajaran
- Menyusun anggaran dan belanja sekolah.
- Akses internet untuk menunjang proses pembelajaran.
Bidang
Industri
Kegunaan komputer di
bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses
produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses
produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan
proses (control proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan system
manual atau dijalankan oleh manusia.
Bidang
Ilmu dan Teknologi
- Ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar computer dan tidak lagi perlu membuat model sebenarnya hal ini juga untuk menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir nuklir karena mengandung radiasi yang tinggi.
- Ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing2 molekul.
- Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelajari keadaan tanah serta countour dari suatu daerah.
Bidang
Pemerintahan
Baru-baru ini
pemerintah juga mulai menerapkan sistem ICT(Information and Communication
Technology) . Sistem informasi itu sendiri terdiri dari fungsi-fungsi input,
proses, output, storage dan communication. Sistem informasi ini dipergunakan
dalam praktek lembaga pemerintahan dalam semua bidang tugas dan fungsi Pemerintah
yang didalamnya terdiri dari beberapa segi, antara lain pemerintahan, tata
usaha negara, pengurusan rumah tangga negara dan pembangunan Sistem informasi
dalam praktek pemerintahan.
Bidang
Kedokteran
Kegunaan komputer di
bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan
obat yang tepat. Penggunaan komputer dalam dunia kedokteran ditandai dengan
penggunaan system CAT (Computerized Axial Tomography) pertama kali tahun 1973
untuk membuat gambar otak. Sekarang CAT digunakan untuk mengambil seluruh organ
tubuh yang lainnya.
Contoh
Pemanfaatan Komputer di Masyarakat
- Mobil Pandai
- Perpustakaan Elektronik
- Pengendalian Lalu-lintas Udara
- Pengolahan Data Cuaca
- Video Game
Mobil
Pandai
Misalnya pada tahun
1985, oldsmobile dari US telah menerapkan sistem kendali berbasis pengolah
mikro pada produknya.
Pengolah
mikro mendapatkan masukan data dari beberapa sumber, seperti :
- Meter pompa injeksi (beban mesin)
- Alternator (putaran mesin/menit)
- Sistem pendinginan mesin
- Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan pembuanagan gas
- Gigi transmisi
Perpustakaan
Elektronik
Komputer pada saat ini
sudah mampu menggantikan catalog dan berdaya tampung besar. Sistem basis data
juga telah berkembang sehingga mampu untuk mengelola data dalam jumlha yang
amat besar. Kemajuan dalam tekhnik pencarian kembali informasi telah
memungkinkan dilakukan pencarian kembali informasi dalam waktu yang singkat.
Pengendalian
Lalu-lintas Udara
Lalu-lintas udara
merupakan lalu-lintas yang paling rawan dalam kehidupan manusia, pengendalian
lalu-lintas udara sudah dilaksanakan secara modern, dilakukan dengan peralatan
canggih berbasiskan komputer. Hal ini dilakukan karena kelalaian dalam pengendalian
lalu-lintas udara akan berakibat fatal.
Pengolahan
Data Cuaca
Data
cuaca dikumpulkan dari ratusan atau bahkan ribuan stasiun stasiun pemantau di
bumi dan di angkasa. Data ini disalurkan melalui saluran telekomunikasi
internasional ke pusat pengolahan data cuaca. Untuk memembentuk model
peraamalan cuaca lokal.
Video
Game
Permainan ini cepat
sekali mendapat pasaran dan terutama sekali di gemari oleh generasi muda.
Berbagai jenis permainan yang belum pernah ada terwujud menjadi kenyataan. Para
pendukung permainan ini menyatakan bahwa sifat permainan adalah mendidik dan
meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan. Ada sementara pendapat yang
mengatakan bahwa anak muda yang menyukai permaianan video mereka akan tertarik
dengan komputer dan pemrogramman akan tetapi kenyataannya komputer pribadi
lebih banyak digunakan untuk permainan.
*Peranan Komputer Dalam masyarakat
Tanpa
kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara
maju maupun di negara yang sedang berkembang di Indonesia. Komputer sebenarnya
tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat
terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Apa yang membedakan komputer
dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna
melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Pada dasarnya komputer digunakan sebagai
alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data yang
diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat
dicontoh berikut ini :
- Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
- Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
- Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
- Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
- Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
- Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
Isu Sosial
Isu sosial yang mengena
meliputi lingkup pekerjaan, kesehatan, tanggung jawab, citra pribadi dan
kepentingan nasional. Sejak pemunculannya yang pertama, komputer telah
menimbulkan perasaan takut dan prihatin. Walaupun keakraban terhadap komputer
meningkat akhir-akhir ini, gambaran yang wajar tentang peran komputer yang
sesungguhnya yang ada di dalam berbagai bidang pekerjaan perlu untuk di
masyarakatkan.
Dampak Positif
ž Komunikasi
yang lebih baik.
ž Transportasi
data yang cepat & aman.
ž Pekerjaan
selesai lebih cepat & akurat.
ž Efisiensi
tenaga kerja
Dampak Negatif
ž Manusia
tergantung dengan komputer.
ž Kehilangan
pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti.
žHacker
yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.
ž Manfaat
komputer dalam kehidupan sehari- hari :
1.
Bidang
Pendidikan
Dengan
adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat
kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa ,
membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji
pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.
2. Bidang Kesehatan
Mempermudah
Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung
pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien
dengan sinar X.
3. Bidang Transportasi
Dengan
komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di
program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat
dilengkapi dengan peralatan komputer.
4.
Bidang
Jasa Pengiriman Barang
Kantor
Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan
adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima
surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi
semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
5.
Bidang
industri Otomotif
Mobil-mobil
di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan
bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah
ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga
manusia.
6.
Bidang
Jasa Konstruksi
Dengan
komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan
dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain
menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis menggunakan
program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7.
Bidang
Jasa Percetakan
Percetakan
koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan
oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau
koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan.
8.
Bidang
Industri Perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer.
9.
Bidang
Industri Rekaman
Bahwa
untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi
suara dengan media komputer, serta mencetak lagunyapun di bantu dengan system
komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD perlu bantuan pogram komputer untuk
memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan
kualitas sangat tinggi.
10. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara
maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang
dikendalikan dari Bumi, untuk memantau keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang
dunia II, Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan
Teknologi komputer modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.
*
Isu
dan Masalah Teknologi
Definisi Teknologi
Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ = cara dan “logos” = pengetahuan. Teknologi
dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk
memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan
memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindera
dan otak manusia. [Iskandar Alisyahbana --1980] Teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan
memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia” [Jaques Ellul
1967: 1967 xxv]Masalah
– Masalah Sosial
Pandangan positif :
keuntungan yang didapat lebih besar dari kerugiannya
_ Teknologi memberi keuntungan yang penting yaitu
komunikasi yang lebih baik, berkurangnya resiko pekerjaan, transportasi menjadi
lebih cepat, meningkatkan kemampuan produktivitas, dan pengurangan tenaga kerja.
Pandangan negatif ;
ketergantungan manusia terhadap mesin/alat, efek negatif bagi fisik dan mental
Metode
Menampilkan Isu dan Masalah
Banyak cara untuk menampilkan dan mendiskusikan masalah sosial yang
timbul dari meningkatnya penggunaan komputer, diantaranya yaitu :
- Satu metode ditentukan dengan ketegori yaitu mempelajari setiap area aplikasinya dan mengenali masalah yang penting.
- mengajukan daftar permasalahan, mempelajari setiap aplikasi untuk mengetahui apakah terkait dengan setiap masalah.
- Kedua pendekatan ini dapat dikombinasikan cara ke 1 dan 2 kemudian membuat diagram yang menggambarkan masalah sosial mana yang relevan untuk aplikasi-aplikasi tersebut.
Isu – Isu Populer dalam Perkembangan
Teknologi pada Abad 21
Pelanggaran Hak Cipta
Kekayaan Intelektual (Intellectual Property Copyright’s Violation)
- Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HAKI) pertama kali disahkan pada tahun 1981 oleh Mahkamah Agung Amerika setelah kasus Diamond Vs Diehr bergulir.
- Hak paten atau hak cipta kekayaan intelektual sangat penting karena memberikan hak kepada perusahaan software tertentu untuk melindungi hasil karyanya dari pembajakan oleh perusahaan software lain sekaligus memberikan peluang bagi mereka untuk menjadikan software buatannya sebagai komoditas finansial yang dapat mendorong pertumbuhan industri.
Isu – Isu Populer dalam Perkembangan
Teknologi pada Abad 21
Pelanggaran Hak Cipta
Kekayaan Intelektual (Intellectual Property Copyright’s Violation)
- Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HAKI) pertama kali disahkan pada tahun 1981 oleh Mahkamah Agung Amerika setelah kasus Diamond Vs Diehr bergulir.
- Hak paten atau hak cipta kekayaan intelektual sangat penting karena memberikan hak kepada perusahaan software tertentu untuk melindungi hasil karyanya dari pembajakan oleh perusahaan software lain sekaligus memberikan peluang bagi mereka untuk menjadikan software buatannya sebagai komoditas finansial yang dapat mendorong pertumbuhan industri.
- Disebarluaskannya penggunaan floppy disk drive pada PC hingga alat yang saat ini populer yaitu CD-RW dan DVD-RW membuat kasus pembajakan software semakin marak di seluruh dunia
Isu Year Two Kilo Bug (Y2K Bug)
- Isu ini muncul pada awal millenium dimana masyarakat ditakutkan oleh adanya Y2K bug yang akan mengacaukan sistem komputer di dunia teknologi informasi (IT) atau sistem informasi (IS) dan menyebabkan kehancuran ekonomi dan seluruh sistem di dunia.
- Permasalahan ini semakin kompleks dan menghawatirkan dunia karena Y2K bug akan muncul di semua sistem komputer dan mesin yang menggunakan tanggal atau waktu karena di dalamnya terdapat chip terpasang (embedded chips) sehingga ia juga akan muncul pada bahasa pemrograman, sistem operasi, sistem sekuriti, sistem perbankan, sistem pemrosesan transaksi, sistem telepon, dan sebagainya.
Kecerdasan Buatan (Artifical
Intelligence)
- Natural Language Processing
Merupakan bahasa pemrograman yang memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer sehingga pengguna tidak perlu mengetikkan bermacam key word untuk memberikan perintah tertentu. - Speech recognition
Merupakan bahasa pemrograman yang menyediakan fitur bagi komputer untuk mengenali suara manusia sehingga hanya dengan menyebutkan kata kunci tertentu, komputer dapat langsung mengenali dan melakukan pekerjaan sesuai perintah yang diberikan oleh penggunanya. - Expert System
Keuntungan dari adanya
program ini antara lain:
- Dipakai untuk membantu para dokter ahli dalam mendiagnosa penyakit, dimana tidak semua informasi tentang penyakit dapat dihapal oleh dokter ahli yang bersangkutan
- Membantu bidang dimana hanya sedikit orang yang ahli di bidang tersebut misalnya kanker payudara
- Mampu menyimpan banyak informasi dan dapat digunakan sampai kapanpun, tidak mengenal usia.
Komputer
Vision
Merupakan komputer cerdas yang dilengkapi dengan kamera yang dapat
mengenali dan menganalisa gambar yang dilihatnya berdasarkan kecocokan dengan
template yang telah di masukkan dalam otak komputer. Teknologi ini lebih
dipakai untuk eksplorasi luar angkasa yaitu meneliti bentuk permukaan dan
batuan planet yang sulit dilakukan oleh manusia.
Masalah
HAKI
Pembajakan kaset, CD (baik dalam format aslinya ataupun dalam format MP3
dimana dalam satu CD dapat diisi dengan ratusan lagu), VCD, buku, dan sotfware
marak dilakukan di seluruh dunia, meski yang menjadi sorotan adalah Asia
(temasuk Indonesia di dalamnya). Teknologi untuk memproteksi seperti
watermarking, dongle, enkripsi, dan sebagainya dicoba dikembangkan. Akan tetapi
nampaknya pihak yang melakukan proteksi kalah langkah dengan pihak pembuka
(code breakers).
Sudut lain dari masalah HaKI adalah adanya kelompok yang tidak setuju
dengan proteksi yang berlebihan sehingga mencoba mengambil pendekatan lain
seperti dengan menggunakan jalan public domain, copyleft, GNU Public License
(GPL), dan sejenisnya. Cara ini tidak memecahkan masalah yang ada, akan tetapi
mencoba melihat permasalahan dari sudut pandang yang lain. (Jika sudah public
domain, maka tidak ada masalah pencurian.)
Masalah Nama Domain Internet
Masalah nama domain ini
cukup pelik dikarenakan di dunia ini ada beberapa pengelola nama domain yang
independen. Ada lebih dari dua ratus pengelola domain yang berbasis teritory
(yang sering disebut sebagai Country Code Top Level Domain atau ccTLD). Sebagai
contoh saya mengelola domain untuk Indonesia (.ID). Bolehkah seseorang
mendaftarkan nama domain yang sebetulnya ditrademarkkan di negara lain?
Darimana pengelola domain tahu bahwa nama tersebut merupakan trademark yang
terdaftar di negara lain?.
Masalah Perizinan
Telekomunikasi di Indonesia masih dimonopoli. Pelanggaran monopoli ini
melalui teknologi sudah terjadi melalui penyediaan jasa Voice over IP (VoIP)
oleh beberapa orang dan perusahaan. Bahkan, sudah ada kasus penangkapan orang
yang menyediakan jasa VoIP. (Dalam pemberitaan surat kabar bahkan disebutkan
bahwa orang yang memberikan layanan VoIP tersebut seolah-olah mencuri pulsa PT
Telkom.) Layanan VoIP pada prinsipnya adalah mengubah suara (voice) menjadi
data dan mengirimkan data ini melalui saluran Internet. Penyedia layanan VoIP
berargumentasi bahwa yang dia salurkan adalah data bukan voice oleh sebab itu
dia tidak melanggar monopoli Telkom dan Indosat. Pihak pemerintah merasa bahwa
yang dikirimkan asalnya berupa voice sehingga sebetulnya merupakan layanan
suara (voice) juga. Ini merupakan contoh bahwa teknologi mengubah segalanya.
Dalam waktu dekat, tidak hanya voice saja yang dapat dikirimkan dengan
real-time akan tetapi juga gambar. Maka akan terjadi Multimedia over IP.
Masalah
Privacy
Di Indonesia masalah privacy masih belum menjadi masalah yang besar. Di
luar negeri, masalah privacy ini menjadi perhatian utama. Seringkali kita
mengisi formulir yang menanyakan data-data pribadi (nama, alamat, tempat
tanggal lahir, agama, status, dan sebagainya) tanpa informasi yang jelas
mengenai penggunaan data-data ini.
Masalah
Keamanan
Kejahatan yang ditimbulkan dengan teknologi komputer dan telekomunikasi
perlu diantisipasi. Istilah hacker , cracker, cybercrime mulai sering didengar.
Kejahatan yang menyangkut orang Indonesia juga sudah terjadi. Baru-baru ini
seorang cracker Indonesia ditangkap di Singapura dan diadili di sana. Ada lagi
fraud yang dilakukan oleh pengguna Internet Indonesia dengan tidak mengirimkan
barang atau uang yang sudah disepakati dalam transaksi e-commerce.
Kejahatan cyber umunya dapat disusuri (trace) dengan bantuan catatan
(logfile) yang ada di server ISP yang digunakan oleh cracker. Akan tetapi
seringkali ISP tidak melakukan pencatatan (logging) atau hanya menyimpan log
dalam kurun waktu yang singkat (dikarenakan besarnya jumlah data yang harus
dicatat). Logfile ini sebetulnya dapat menjadi bukti adanya akses cracker
tersebut. Namun logfile ini (jika ada) belum tentu dapat menjadi bukti yang sah
di pengadilan.
Opini
Publik
Dari survey publik
hasilnya adalah :
Hingga akhir Th1950an komputer obyek dikagumi, digambarkan tantangan
kekuatan manusia pada pekerjaan, kemungkinan kehilangan pekerjaan, mengancam
kemampuan manusia dalam menyelesaikan masalah, dan kebebasan individu.
tahun 1963;
- fakta bahwa hanya orang terdidiklah yang dapat menggunakan komputer,
- komputer sebagai alat bertujuan menyelesaikan masalah numerik seperti aplikasi bisnis; pembayan gaji dan akunting, bidang luar angkasa, riset sains, dan masalah pertahanan.
- Publik cenderung percaya bahwa alat yang hebat, selalu memberikan hasil yang benar.
- Publik tidak tahu bahwa komputer harus diprogram dan dimonitor
- Publik merasa ancaman terhadap keberadaan manusia timbul dari pandangan bahwa komputer powerfull tapi tidak mengasosiasikan ancaman ini dengan hilangnya pekerjaan.
Tahun 1971 Time magazine
dan AFIPS melakukan survey untuk menentukan perilaku publik terhadap
komputer. Dari survey ini ada observasi
yang dikemukakan; september
1983 Lou harris melakukan study untuk southern new england telephone
,”the road after 1984” yaitu pengaruh teknologi terhadap masyarakat. Survey ini
mengemukakan opini publik;
Pengaruh
Perubahan Teknologi
Fobia ; rasa takut dan menghindari prospek lingkungan yang berbeda
(cyberfobia/ computer fobia) All-consuming ; menimbulkan
terasing dari lingkungan/ rekan kerja, perubahan pola masyarakat dalam
berinteraksi.
Penggunaan
Internet
Dampak Positif:
- Internet sebagai media komunikasi, fungsi internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
- Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan web dengan cepat dan murah.
- Media untuk mencari informasi atau data.
- Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
- Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
- Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
Dampak negatif
- terbukanya akses negatif ; Pornografi
- Violence and Gore ; informasi yang terkait dengan kekejaman dan kesadisan
- Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
- Perkembangan dimensi kenjahatan baru ; cyber crime - data didling, penipuan, carding, perjudian.
- Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung -> perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
- “Kecanduan “ komputer ; internet , game
Tidak ada komentar:
Posting Komentar